Selasa, 04 Desember 2012

macam - macam sulaman dan pengertiannya


===== macam - macam sulaman =====
1. sulaman tapestry                 > kain strimin, benang wol, jarum sulam
2. sulaman klasik                    > kain katun biasa, benang sulam, jarum jahit
3. sulaman pita                       > baju, rumbai sprei
4. sulaman pernak - pernik     > payet (gaun/baju pesta)

= materi sulaman tapestry =
        kata tapestry berasal dari bahasa yunani rams dan latin Tapestrum yang artinya sejenis sulaman yang memiliki banyak tehnik yang berbeda. tapestri dahulu digunakan untuk menghias perabot rumah tangga seperti garden, karpet, dan hiasan dinding. Tapestri merupakan hiasan cetak yang bergelombang dan penggunaan warna yang berkualitas. Tapestri pada umumnya dikerjakan pada kain yang serat tenunya dapat dihitung, berlubang, dan bercorak kotak.



A. mengenal sulaman Tapestry
       pada awalnya tapestry dikenal hanya untuk memberikan efek dan tekstur pada suatu kain, sejalan dengan perkembangan teknologi sulaman ini tidak hanya memberikan efek tetapi juga untuk memperindah suatu benda. jenis tusuk hias biasah digunakan adalah tusuk lurus biasa. Yaitu tusuk horisontal, vertikal, diagonal.







bahan dan alat dasar untuk pembuatan sulaman tapestry :


1. kain strimin
kain yang biasa digunakan adalah sejenis kain yang serat kainnya dapat dihitung atau tenunnya sering bercorak kotak dan berlubang. kain seperti itu disebut dengan kain strimin. strimin ada juga berbentuk plastik baik yang berlubang besar atau kecil. strimin plastik yang berlubang kecil tenunnya rapuh sehingga mudah putus, berbeda dng strimin berlubang besar.




 2. benang sulam
         benang sulam yang dapat digunakan untuk membuat sulaman tapestry tersedia dalam berbagai macam dan warna. pemilihan jenis dan warna benang disesuaikan dengan jenis strimin yang akan dipakai serta desain motif hias yang akan dibuat. Benang yang dapat digunakan bermacam-macam seperti  benang wool, kinlon, linen (benang logam), katun. Akan tetapi benang yang bagus digunakan adalah benang wool.

jenis - jenis benang wool :


1. crewel wool
yaitu benang yang paling bagus digunakan dalam sulaman tapestry diatas kain kanvas atau   strimin berlubang besar.
contoh : membuat karpet, keset, dan tas


2. tapestry woolyaitu sejenis benang wool yang berukuran sedang, dan panjang 13,8 m setiap gulungannya. Benang ini cocok digunakan untuk sulaman pd strimin plastik berlubang kecil.

contoh : membuat hiasan dinding, tas dan sampul buku.



3. rug woolyaitu sejenis benang wool yang berukuran kecil, agak halus dan setiap gulungan panjangnya 6 m. Sulaman yang menggunakan benang ini hasilnya akan halus, rapi, dan indah.
contoh : membuat hiasan dinding, sarung bantal, kursi, taplak meja.



3. jarum sulam
          
jarum yang digunakan adalah jarum yang bermata besar sehingga mempermudah memasukkan benang. jrum sulam tersedia dalam berbagai ukuran dari no. 13 - 26. jarum yang umum dan sering digunakan no.13. semakin besar no jarum maka ukuran jarum semakin kecil.


B. Tusuk Tapestry tusuk merupakan salah satu tehnik dalam sulaman tapestry. Dalam sulaman tapestry ada 5 macam tusuk dasar yaitu :
         1. tusuk silang (trussed stiches/cross stitches)
         2. tusuk lurus (straight stitches)
         3. tusuk diagonal (diagonal stitches)
         4. tusuk ikal (looped stitch)
         5. tusuk bintang (star stitches)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar